Kata Kata bijak Bahasa Jawa Terbaik

Kata Kata bijak Bahasa Jawa Terbaik

Kata kata bijak bahasa jawa memiliki banyak bentuk, dan dapat dipergunakan dalam berbagai persoalan hidup. Tidak jauh berbeda dengan jenis kata kata bijak dalam bahasa indonesia, namun kadangkala kata kata bijak bahasa jawa akan jauh lebih bermakna bagi orang orang yang memiliki latar belakang suku budaya jawa. Setidaknya, bahasa adalah alat komunikasi yang paling baik digunakan antar makhluk untuk saling berinteraksi. Demikian makna yang paling mendasar dari bahasa. Untuk itu, pada proses penyelesaian masalah tentu seseorang membutuhkan media untuk berkomunikasi. Bahasa adalah solusinya. Kata kata bijak dalam bahasa indonesia sepertinya sudah terlalu lazim bagi orang orang indonesia pada umumnya.

Namun, akankah kata kata bijak yang berasal dari bahasa selain indonesia, seperti bahasa jawa memiliki kekuatan yang sama dengan kata bijak bahasa indonesia? Jika anda masih mempertanyakannya, maka anda memang harus berusaha memahami pola pikir orang jawa. Sebab kata kata bijak bahasa jawa tentu akan selalu identik dengan budaya jawa. Sehingga, jika pertanyaannya adalah apakah makna yang diberikan oleh kata kata bijak bahasa jawa akan sekuat makna kata kata bijak bahasa indonesia pada umumnya dalam memengaruhi kehidupan manusia, semua tergantung pada bagaimana pola kebudayaan masyarakat tersebut. Bagi orang jawa tentu kata bijak bahasa jawa akan sangat berpengaruh, namun bagi orang selain jawa, belum tentu.

Kumpulan Kata Kata bijak Bahasa Jawa Terbaru
Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa
Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa
Aja mbedakake marang sapadha-padha”.
Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.
Ambeg utomo, andhap asor”.
Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati.
Yen urip mung isine isih nuruti nepsu,sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu
Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan
Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan
Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran”
Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo
Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada tuhan.
Manungsa mung ngunduh wohing pakarti”.
Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri
Rela lan legawa lair trusing batin”.
Ikhlas lahir batin.
Sabar iku ingaran mustikaning laku
Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan
Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu.
Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu.biar baik nasibmu.
Kata kata bijak bahasa jawa selalu mengangkat tema seputar kearifan lokal budaya masyarakat jawa. Jika budaya tersebut memiliki kesamaan atau setidaknya kemiripan dengan budaya daerah lain, tentu saja kata kata bijaknya pun akan dapat saling memengaruhi. Namun, budaya antar daerah telah berbeda, bahkan bertentangan, jalas kata kata bijaknya tidak akan mampu memberikan semangat apapun. Bahkan, kemungkinan terburuk malahan akan memperkeruh keadaan. Kata kata bijak bahasa jawa bisa jadi perusak kehidupan masyarakat daerah lain jika dipaksakan. Pada akhirnya, semua bergantung kepada kondisi masing-masing daerah, sebab setiap daerah memiliki budaya yang berbeda, sehingga mereka juga memiliki permasalahan yang berbeda, dan pada akhirnya mereka juga membutuhkan penyelesaian yang berbeda juga.

0 Response to "Kata Kata bijak Bahasa Jawa Terbaik"

Post a Comment